Tips Sukses Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

Tak terasa Ramadhan sudah datang lagi.
Dari berbuka, sholat tarawih, makan sahur, sampai acara ramadhanan di tv kembali menjadi keseharian kita.
Bagi orang tua sudah menjadi kewajiban untuk melatih putra-putrinya berpuasa.
Tentu saja disesuaikan dengan kondisi fisik dan usia anak.

Tips-tips sederhana di bawah ini mungkin bisa dijadikan acuan, meskipun hanya berdasarkan pengalaman pribadi aja :

1. Latih anak untuk belajar menahan

Ini bisa dilakukan pada anak yang masih usia TK.
Intinya anak hanya dilatih untuk menahan tidak makan minum selama tenggang waktu tertentu.
Misalnya dia sarapan, tapi nggak boleh makan minum lagi sebelum jam 12 siang. Bilang saja, sarapan sebagai sahurnya dan makan siang jam 12 sebagai bukanya.
Untuk masalah waktu fleksibel banget, bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak.
Toh lambat laun mereka bisa menahan tidak makan minum dalam rentang waktu yang lebih lama seiring dengan pertambahan usianya.

2. Kompensasi it’s ok
Meskipun untuk jangka panjangnya kurang bagus, kompensasi atau hadiah perlu juga untuk memacu semangat anak agar mau berpuasa sampai maghrib. Misalnya jika 1 hari puasa penuh sampai maghrib si anak akan kita kasih uang Rp. 5.000,-. Selanjutnya jika berhasil, tambahin lagi jika dalam 1 bulan puasa penuh sampai maghrib si anak akan dapat tambahan uang jajan sebesar Rp. 50.000,-.
Itu salah satu contohnya, bisa juga dengan tipe-tipe hadiah yang lain.
Hanya, lakukan satu kali saja. Artinya jika tahun ini si anak sudah berhasil bisa puasa maghrib dengan trik spt. itu, mestinya tahun depan dia sudah bisa berpuasa sebulan penuh tanpa imbalan apapun.

3. Sediakan makanan kesukaan anak
Jangan ragu-ragu untuk selalu tanya sama anak kita dia pengen berbuka dengan menu apa.
Usahakan untuk selalu memenuhi permintaan menu makanan mereka asal masih memungkinkan untuk didapatkan dan cukup sumber gizinya.

4. Jadikan sahur sebagai barang wajib
Meskipun di Islam sahur tidak diwajibkan, tapi Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkannya walaupun hanya satu biji kurma saja. Untuk anak-anak yang akan berpuasa usahakan untuk selalu makan sahur meskipun mungkin sangat susah sekali membangunkan mereka.
Bahkan saya pribadi, menyuapin makan sahur anak di tempat tidur sambil merem aja gpp demi lancarnya perjuangan anak untuk berpuasa esok harinya…hehehe

5. Berikan madu pada saat sahur
Kalau yang ini sebenarnya saran dari teman saja. Gak tau benar atau salah jika dibuktikan secara ilmiah. Katanya sih, dengan meminum madu 2 atau 3 sendok pada saat sahur akan mengurangi rasa lemas pada keesokan harinya. Saya sudah membuktikan sepertinya memang benar, tapi benar sungguhan atau karena hanya sugesti saja…Wallahu a’lam.

6. Monitor selalu kondisi anak
Saat mengajarkan anak untuk berpuasa kita juga harus lihat kondisi anak.
Jika sekiranya lagi sakit atau benar-benar gak kuat, jangan sekali-sekali memaksakan.
Toh, puasa masih belum jadi perkara wajib bagi mereka.
Bisa juga diberi toleransi untuk berbuka pada siang hari tetapi setelah itu puasa lagi sampai maghrib.

Jadi, tunggu apa lagi..?
Ayo kita mulai didik anak-anak kita sedini mungkin untuk berlatih puasa…

Marhaban Yaa Ramadhan…

1 Comment

Filed under Family

One response to “Tips Sukses Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

  1. Semoga aja anak q termasuk anak yg sholehah yg rajin puasa. kalo mau jadi anak sholehah minimal harus mampu menjaga lisan dan aurat dengan mulai berhijab. Sebenarnya saya dulu sebagai ibunya risih juga kalo pake hijab, tapi ketika pakai hijab dari PRODUSEN MUKENA KATUN JEPANG saya malah lebih suka karena mukenanya nyaman, lembut dan adem. Makasih ya mbak udah berbagi cerita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s